Saturday, September 17, 2011

Djokja Lagi

Hari ini perjalananku yang kesekian ke Djokja, untuk kali ini menggunakan ATR nya Wing's Air. perjalanan di hari dimana kemarinnya hujan deras pertama di bandung cukup membuat perjalanan menjadi sedikit Bumpy dan  seru. Kembali teringat ucapan kawan, dan beberapa orang yang saya kenal yang menjudge bahwa penerbangan dengan pesawat berpropeler sangat tidak nyaman dan aman. Saya pernah tanya kenapa ? karena baling-balingnya kelihatan. Nah belum hafal mereka kalo dalam beberapa hal pesawat dengan propeler mempunyai keutungan yang lebih dibanding pesawat dengan mesin Turbofan. Ah sudahlah... saya sendiri yang sedikit mempelajari ilmu penerbangan, Civial Aviation Safety and Regulation, dan ilmu lain tentang penerbangan ini kadang sulit menjelaskan bgagaimana sebenarnya transportasi udara mempunyai rasio kecelakaan yang jauh lebih kecil dari alat transportasi lain. Justru saya sendiri lebih mencermati kenapa N-250 yang konon mempunyai teknologi yang lebih baik dari pesawat ini masih tetap belum menerima aproval dari FAA, lebih jauh dari itu bahkan merpati saja bisa membeli pesawat china yang belum mendapat aproval dari FAA juga. Kapan saya bisa naik pesawat N-250 untuk penerbangan lokal ya ??
Sudahlah polemik tentang bisnis ini memang tidak pernah berakhir dan memang mungkin harus seperti ini nasib negara terjajah..
sekilas report saja hasil jepretan di pesawat semoga berkenan.





 Nah.. penerbangan kali ini didominasi oleh  awan....tapi landingnya as smooth as landing using a turboprop engined aircraft.
dan 15 menit kemudian...... sampailah saya

No comments:

Post a Comment