Friday, October 28, 2011

PKBM Sekar Tanjung

Adalah cita-cita dari orang tua saya, untuk dapat mengabdikan hidupnya pada lingkungan Pendidikan Luar Sekolah, atui pendidikan Nonformal bia menggunakan penamaan sesuai dengan direktorat jenderal dimana sistem pendidikan ini bernaung saat ini. dan untuk mencapai cita-cita tersebut dirintislah sebuah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dimana di PKBM ini kelak akan ada bermacam program pendidikan seperti Keaksaraan Fungsional, Pendidikan Anak Usia Dini,  Pendidikan Kursus yang berbasiskan wirausaha pedesaan, dan program pembelajaran non formal lainnya, disamping usaha-usaha pemberdayaan masyarakat lainnya.

Tujuan pendirian PKBM ini sebagai alternatif pusat belajar bagi mereka yang tidak berkesempatan mengenyam pendidikan formal, juga sebagai wahana pembelajaran dalam rangka pendidikan sepanjang hayat bagi masyarakat Tanjung Siang khusunya, dengan mengusung tujuan ini semoga saja kehadiran PKBM ini kelak dapat memberikan kontribusi yang berarti terhadap pembangunan masyarakat di sekitar baik secara mental, fisik maupun ekonomi.

Langkah pengurusan legal formal telah disusun sejak awal 2011, pun halnya dengan pra program seperti pendataan kebutuhan dan potensi lokal, pendekatan terhadap penduduk yang mungkin telah 20 tahun ini dilakukan, sejak mereka (orang tua saya) menjejakkan kaki dan menetapkan pilihan tempat ini menjadi tempat tinggal kedua setelah Cirateun. Dan seminggu yang lalu langkah ini semakin di konkritkan dengan pembangunan Kantor dan Aula PKBM ini. di tanah yang merupakan bidang tanah pertama yang dibeli di TanjungSiang itulah niat pengabdian diri pada masyarakat secara penuh dipancangkan. 
berikut gambar pertama yang diambil di lokasi pembangunan. Semoga berkenan.


No comments:

Post a Comment